Pesona Goa Jomblang Sebagai Cahaya Surga Tersembuyi

Gunungkidul merupakan salah satu surga bagi wisatawan. Pasalnya, banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi. Bukan hanya keindahan pantainya yang indah, namun ada wisata lain yang bisa menjadi daftar tempat liburan. Seperti menikmati pesona goa Jomblang yang berada di Semanu. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan dibanding dengan goa lain yang ada di Gunungkidul. Goa Jomblang memiliki karakteristiknya sendiri sebagai daya magnet wisatawan.

pesonaindo.com

Pesona Goa Jomblang Sebagai Cahaya Surga

Goa Jomblang berhasil menggaet wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan ketika tahun 2011 lalu, tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar untuk reality show The Amazing Race. Tempat ini tepatnya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai di tempat wisata harus menempuh perjalanan 1,5 jam dari pusat Kota Jogja.

Daya Tarik Goa Jomblang

Untuk mencapai dasar goa, harus melalui jalur yang ekstrem. Bagi yang menyukainya, akan semakin tertantang dengan lintasannya, terlebih dengan adanya cerita seram. Dulunya goa ini terbentuk akibat amblesnya tanah akibat vegetasi dari jutaan tahun lalu. Sehingga dari kejadian ini terbentuk lubang atau sinkhole. Namun warga sekitar menyebutnya dengan luweng Jomblang.

Perjalanan ketika melewati jalur goa Jomblang akan terbayarkan dengan keindahan dari cahaya surga yang bisa dilihat dari dalam goa. Cahaya ini merupakan sinar matahari yang masuk ke dalam goa. Untuk bisa menikmati keindahan goa Jomblang, wisatawan harus menguras kantong sekitar Rp 450.000, sudah termasuk dengan fasilitas caving, asuransi jiwa, makan siang, dan juga pemandu wisata.

Tips dan Saran

Untuk mengunjungi wisata goa Jomblang, sebaiknya perhatikan kondisi fisik karena memang membutuhkan fisik yang prima. Maka dari itu, datang di kala siang hari untuk bisa melihat pilar cahaya matahari yang disebut cahaya surga. Perhatikan saran dan instruksi dari pemandu wisata demi keselamatan. Sediakan pakaian ganti karena pakaian yang digunakan untuk melintasi jalur pasti akan basah. Selalu jaga kelestarian sekitar goa dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pesona goa Jomblang memang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Comments

Popular Posts